UPERP11 UTS01B - BUSSINESS PROCESS OF HOTEL


Selamat malam guysss kali ini saya akan membahas tentang Proses bisnis di hotel ....

Setelah sukses di bidang komputer Pt. Flaminggo mulai usaha di bidang perhotelan. Sistem manajemen hotel atau yang sering disebut Hotel Management System (HMS) adalah sebuah program komputer (hotel software) bertujuan membantu manajemen hotel dalam kegiatan hotel baik kegiatan sehari-hari maupun laporan-laporan yang diperlukan hotel. Kegiatan itu adalah menerima tamu (check in), mendata tagihan tamu (guest folio), pembayaran tamu (guest payment). Dengan adanya sistem ini diharapkan para tamu mendapatkan pelayanan yang lebih baik (good of service). Hasil lain yang dicapai dengan pemakaian sistem manajemen adalah efisiensi dalam operasional sehari-hari hotel.


Adapun keuntungan menggunakan Program Aplikasi Hotel Management
Mendirikan dan mengembangkan bisnis perhotelan memerlukan suatu sistem yang handal dan terintegrasi agar strategi dan tujuan bisnis yang direncanakan dapat diraih secara total. Dengan penerapan sistem perhotelan yang baik akan mampu mengurangi cost secara signifikan, mampu meningkatkan kinerja perusahaan dan menjaring customer loyalty lebih banyak.

Beberapa penerapan sebagai berikut :
(dapat disesuaikan dengan kebutuhan manajemen hotel)

1. DATA

Untuk mendukung jalannya aplikasi, dibentuk data pendukung sebagai berikut :
Tarif & Jenis Kamar
Pencatatan tarif harga dan jenis sewa kamar yang ada pada hotel.
Kamar
Pencatatan nomor kamar yang ada pada hotel yang disertai harga modal, tarif harga jual.

Booking
Pemesanan kamar
Daftar Rekanan
Daftar rekanan hotel yang diperbolehkan menjadi piutang.
Cara Pembayaran
tehnik cara tamu membayar di kasir (cash, piutang, dll)
Identitas Petugas
daftar nama petugas/ user.
Nama Negara
kelompok tamu berdasarkan negara.
Propinsi
kelompok tamu berdasarkan daerah propinsi
Satuan Barang
Transaksi barang makanan/minuman di restauran.
Unit Kerja
Daftar unit kerja yang ada di Hotel.
Daftar Tarif Biaya / Dep.
Daftar seluruh tarif biaya (tarif data electronic)
Departemen Penerimaan
Pusat biaya pada kas penerimaan.
Kumpulan Register Penerimaan
daftar penerimaan yang terintegrasi.

2. TRANSAKSI

– BOOKING (Pemesanan kamar)
– CHECK IN (Registrasi tamu)
– INPUT BILLING, Pencatatan tranksaksi terhadap :
– Administrasi
– Kamar penginapan
– Pusat Jajanan/ belanja
– Bar/ Karaoke
– Loundri
– Rent Car / Taxi
– Convention Hall
– Telephone
– Etc
– CHECK OUT
– PRINT OUT KWITANSI / BILL

3. REPORT (LAPORAN)

-Tamu yang sedang menginap
-Daftar pemakaian kamar (kosong, berisi)
-Uang Kas Masuk (harian/ bulanan/ tahunan)
-Penerimaan per petugas kasir
-Omset dan Laba (per departemen)
-Piutang Rekanan
-Register Penerimaan





Semoga Bermanfaat guyssss

Selamat malam










Komentar

Postingan populer dari blog ini

#UPERP11 T01J - INSTALL BIZAGI

UPERP11 TUAS02 - SKENARIO HOTEL MANAGEMENT

UPERP11 KUMPULAN LINK TUGAS